PEMILIHAN DAN PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN UNTUK
PERKEMBANGAN EMOSI DAN SOSIAL ANAK
Oleh :Suci Adyani Putri
I.
Pengertian
Sosial dan Emosional
Perkembangan
emosi ini sangat erat kaitannya dengan perkembangan sosial, walaupun masing –
masing ada kekhususannya. Yang berkaitan dengan emosi adalah perhatian, pujian
dan lain – lain. Sedangkan aspek sosial adalah interaksi yang lancar antara
guru dan murid. Penguasaan emosi pada anak banyak tergantung pada faktor – faktor
kematangan anak itu sendiri.
Menurut
Hurlock (1995) menyebutkan pola permainan
mengendalikan emosi anak adalah permainan yang bernuasa sosial yaitu
pola permainan yang melibatkan orang lain atau teman secara penuh. Mengapa
harus demikian, karena kegiatan bermain amat besar perannya dalam kehidupan
anak, kegiatan bermain merupakan stimulus yang efektif guna perkembangan fisik,
kognitif, bahasa dan emosi anak.
-
Kemandirian, yaitu mampu mengurus diri
sendiri seperti mandi, berpaikaian, bersepatu, menyikat gigi, mengurus barang
milik sendiri.
-
Kebiasaan menghargai orang lain, milik
orang lain, pendapat orang lain.
-
Kemampuan mengambil atau memilih tugas
-
Rasa tanggung jawab, yaitu mampu
menyelesaikan tugas yang harus diselesaikan
-
Kemampuan mengendalikan diri sendiri
-
Kemampuan bekerja sama
-
Kemampuan mendengarkan orang lain
-
Kemampuan mengungkapkan diri
III.
Jenis-Jenis
Alat Permainan Yang Dapat Mengembangkan Kemampuan Sosial Dan Emosional Anak
a.
Mozaik yang berukuran besar
Permainan mozaik
adalah potongan aneka bentuk geometri warna warni dari papan kayu atau triplek.
Yang dihimpun dalam satu wadah. Ratusan potongan bentuk geometri itu bisa untuk
menyusun bentuk-bentuk benda dan binatang atau apapun sehingga mainan edukatif.
b.
Puzzle lantai yang dapat dimainkan
bersama
Puzle merupakan
menyusun gambar melalui potongan – potongan gambar.
c.
Balok bangunan
Berbagai macam
balok seperti balok besar, kecil polos warna, bentuk geometri, kubus – kubus
dan prisma dibentuk sebuah bangunan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar