Selasa, 20 November 2012

PENTINGNYA PEMBELAJARAN KOMPUTER UNTUK AUD 

Komputer, salah satu bentuk inovasi teknologi, merupakan kebutuhan anak yang harus diperkenalkan. Komputer tengah menjadi salah satu media pembelajaran alternative untuk anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan zaman yang menuntut bahwa belajar computer adalah sebuah kebutuhan. Melalui benda ini, kreativitas anak sangat mungkin untuk dikembangkan, dan berbagai informasi dari berbagai belahan bumi lainnya dapat diketahui. Dengan maraknya berkembang software – software CD interaktif yang membantu dalam pembelajaran anak usia dini. Sebagai media belajar, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, dan menumbuhkan minat belajar mandiri bagi anak. Tetapi interaksi komputer dengan anak belum dapat menggantikan interaksi orang tua atau guru dengan anak.

Dengan pembelajaran menggunakan komputer anak menjadi lebih senang karena adanya CD interaktif yang deprogram sedemikian menarik sehingga menarik minat anak untuk belajar. Misalnya program belajar membaca, dengan memalui program ini anak akan lebih suka membaca karena programnya disertai gambar atau suara yang dapat memikat minat anak untuk belajar membaca. Selain CD interaktif anak juga dapat memainkan permainan yang ada disajikan di computer.
Mengingat penggunaan computer adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dari saat ini dan masa yang akan datang ada baiknya kita menyusun siasat dalam mengenalkan computer pada anak. Berikut adalah beberapa siasat yang dapat dilakukan dalam mengenalkan computer pada anak :
1.      Kenalkan computer pada anak sesuai dengan usia mereka.
Pengenalan sejak usia dini dapat dimulai melalui bimbingan orang tua dengan pengenalan computer melalui menyentuh computer, memegang mouse, mengetik huruf – huruf pada keyboard. Selanjutanya mengenalkan program aplikasi yang tepat bagi anak misalnya belajar menggambar, belajar membaca, belajar berhitung dan mengorasikan game edukasi.
2.      Temani ana saat menggunakan computer.
Berikan arahan dan bimbingan mereka dalam mengopeasikan computer. Dan sebaiknya menggunakan password agar anak tidak bias mnggunakan computer tanpa pengawasan kita seorang guru.
3.      Buatlah kesepakatan bersama anak sebelum memulai belajar computer. Apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan anak dengan computer.
Namun ingat, selain manfaatnya yang sangat banyak, komputer bisa menjadi bumerang. Bila pengawasan orang tua  dan guru lemah, anak-anak bisa kecanduan komputer dan mengakibatkan berbagai dampak yang tidak diharapkan. Apalagi jika dilengkapi dengan Internet yang mampu membuat siapa pun lupa waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar